• Categories

  • Archives

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 354 other followers

  • Blog Stats

    • 10,380 hits
  • Site Meter

  • Twitter Updates

Ikan Asin Dan Nasi Panas


Wah kok pas banget ya… hari minggu  saat lagi jalan-jalan sambil mendengarkan radio (Rojah 756 Mhz) mengulas tentang “makan ikan asin + Nasi panas” bisa mengakibatkan kanker tenggorokan. Ehh… hari ini ada artikelnya di detikhealth.

BENARKAH????

Hal ini di ungkapkan oleh DR Dr Aru Sudoyo,SpPD,KHOM,FACP, (panjang banget gelarnya….yakin deh gak bakalan hapal hehehe…..). Beliau adalah Ketua Perhimpunan dokter Spesialist Penyakit Dalam Indonesia atau PAPDI. Menurut beliau ikan asin mengandung “nitrosamin” yang merupakan karsinogen (zat pemicu kanker). Ini karena pada saat penjemuran dan proses pengasinannya, sinar matahari bereaksi dengan daging ikan sehingga membentuk senyawa nitrosamin.

Nah pada saat ditambah dengan nasi panas yang masih mengepul, uap nasi panas akan membawa uap nitrosamin ke pori-pori kulit khususnya didaerah mulut, leher dan tenggorokan. Anak-anak disarankan untuk tidak mengkonsumsi ikan asin karena kekebalan tubuhnya masih rendah. Jika dibiasakan dari kecil makan ikan asin maka dikuatirkan jika sudah dewasa rentan terkena resiko kanker nasofaring.

Garam sendiri merupakan zat yang dapat menaikan tekanan darah dan memicu atau meningkatkan resiko kanker. Tidak heran jika dijepang merupakan negara tertinggi penderita kanker lambung, karena orang jepang suka sekali makan garam, makanan apa saja digaramin.

Kanker nasofaring atau dikenal juga dengan kanker tenggorokan adalah penyakit yang disebabkan oleh sel ganas (kanker) dan terbentuk dalam jaringan nasofaring, yaitu bagian atas faring atau tenggorokan. Kanker ini paling sering terjadi di bagian THT (telinga hidung tenggorokan), kepala serta leher.

Kanker nasofaring disebabkan oleh beberapa faktor risiko antara lain adanya paparan virus Epstein-Barr. Virus ini sebenarnya umum menginfeksi setiap orang, tapi nitrosamin akan membuat virus ini menjadi aktif dalam kurun waktu yang cukup lama.

Dilansir dari Medicinenet, gejala-gejala kanker nasofaring antara lain sebagai berikut:

  1. Benjolan di hidung atau leher
  2. Sakit di tenggorokan
  3. Kesulitan bernapas atau berbicara
  4. Mimisan (hidung berdarah)
  5. Mengalami gangguan pendengaran
  6. Sakit atau terasa dengung di telinga
  7. Sakit kepala

SEMOGA BERMANFAAT……

Diambil dari detikhealth Radio Rojah AM 756


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: