• Categories

  • Archives

  • Enter your email address to follow this blog and receive notifications of new posts by email.

    Join 354 other followers

  • Blog Stats

    • 10,380 hits
  • Site Meter

  • Twitter Updates

Keutamaan Meminta dan Merendahkan diri kepada Allah


Dari Abu Dzar radhi Allahu anhu, dari Nabi Shalallahu alaihi wasalam, yang beliau riwayatkan dari Allah tabaaraka wa ta’aala, bahwasannya Dia berfirman :

Hai hamba-hamba-Ku! Sesungguhnya aku mengharamkan perbuatan zhalim atas diri-Ku dan Aku mengharamkan kezhaliman di antara kalian, maka janganlah kalian saling menzhalimi!

Hai hamba-hamba-Ku! Setiap kalian adalah sesat, kecuali orang yang telah Aku beri petunjuk, maka hendaklah kalian memohon petunjuk kepada-Ku, pasti akan Aku berikan.

Hai hamba-hamba-Ku! Setiap kalian adalah lapar, kecuali orang yang telah Aku beri makan, maka hendaklah kalian meminta makan kepada-Ku, pasti akan Aku berikan.

Hai hamba-hamba-Ku! Setiap kalian telanjang, kecuali orang yang telah Aku beri pakaian, maka hendaklah kalian meminta pakaian kepada-Ku, niscaya akan Aku berikan.

Hai hamba-hamba-Ku! Sungguh kalian telah melakukan kesalahan pada waktu siang dan malam hari, dan Aku adalah Maha Pengampun atas segala dosa yang dilakukan hamba-Ku, maka hendaklah kalian minta ampun kepada-Ku, pasti akan Aku ampuni.

Hai hamba-hamba-Ku! Sesungguhnya kalian tidak akan dapat melakukan sesuatu yang memudharatkan Aku dan kalian juga tidak akan dapat memberikan manfaat kepada-Ku.

Hai hamba-hamba-Ku! Seandainya orang yang terdahulu dan orang yang terakhir dari kalian, dari golongan manusia dan jin, seluruhnya berhati takwa seperti orang yang paling takwa diantara kalian, maka hal itu tidak akan menambah kerajaan-Ku sedikitpun.

Hai hamba-hamba-Ku! Seandainya orang yang terdahulu dan orang yang terakhir dari kalian, dari golongan manusia dan jin, seluruhnya berhati jahat seperti orang yang paling jahat diantara kalian, maka hal itu tidak akan mengurangi kerajaan-Ku sedikitpun.

Hai hamba-hamba-Ku! Seandainya orang yang terdahulu dan orang yang terakhir dari kalian, dari golongan manusia dan jin, seluruhnya berkumpul di satu tempat, kemudian semuanya memohon kepada-Ku, lalu Aku memenuhi setiap permohonan mereka, maka hal itu tidak lah mengurangi apa yang ada pada-Ku, melainkan hanyalah seperti berkurangnya air ketika sebatang jarum dicelupkan ke dalam lautan.

Hai hamba-hamba-Ku! Itulah amal perbuatan kalian, Aku menghitungnya untuk kalian, kemudian Aku membalasnya bagi kalian. Barang siapa mendapat kebaikan hendaklah memuji Allah, sedangkan barang siapa mendapat selain itu hendaklah tidak menyalahkan kecuali kepada dirinya sendiri.

(Shahih Hadits Qudsi dan syarahnya, Syaikh Zakariya ‘Umairat)

One Response

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: